sepeda dari bambu


Memiliki sesuatu yang unik adalah suatu kebanggaan dari setiap orang. Salah satunya adalah memiliki frame atau ranka sepeda dari bambu. Berikut adalah cara membuat sepeda dari bambu yang saya coba terjemahkan dari http://www.instructables.com . 


Langkah pertama
Merancang jenis frame sepeda yang anda inginkan
Untuk memulainya anda harus mendisain sepeda seperti apa yang anda inginkan. Anda juga bisa menggunakan geometri dari sepeda Polygon yang terdapat di brosur sepeda tersebut apabila anda takut sepeda yang anda buat tidak nyaman. Setelah memilih geomtri yang tepat anda bisa menggambarnya di sebuah kertas yang besar.

 


Langkah kedua
Menyediakan bagian-bagian sepeda dan bambu
Ada beberapa bagian sepeda yang tidak bisa dibuat dari bambu yaitu:
1. Dropouts
2. Bottombraket shell
3. Head tube
  
 

Untuk bambu sebaiknya bambunya dikeringkan terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan las untuk mengeringkannya. Untuk memanaskan bambu dengan las ada 2 tahap yang harus dilakukan:
1. Panaskan bambu dengan merata sampai warnanya coklat muda.
2. Setelah rata, anda harus mengelas bambu hingga berwarna coklat tua.
   


Langkah ketiga
Menyatukan part untuk membuat sebuah frame
Gunakan gambar geometri sepeda yang telah anda buat untuk menyatukan bagian-bagian sepeda yang telah anda kumpulkan. Gabungkan menjadi satu, anda juga harus menggunakan alat bantu lain seperti hub/freehub untuk memastikan bahwa jarak untuk freehub belakang dan roda belakang sudah cukup. Setelah pas anda bisa memberi lem.
   
 

Langkah keempat
Merekatkan dengan epoxy
Agar lemnya lebih kuat sebaiknya anda menggunakan lem epoxy ditambah dengan serat rami. Apabila hanya satu kali pengeleman dikhawatirkan sepeda tidak akan kuat untuk itu digunakan benang rami yang diikat ditempat yang sudah anda lem sebelumnya dan serat rami itu anda lem lagi.
   
Maka jadilah sebuah frame sepeda dari bambu
 

0 Response to "sepeda dari bambu"

Posting Komentar